Selasa, 16 Agustus 2011

cerita workshop pertama owlie + flower pop up tutorial untuk inspirasi kartu ucapan

halo :D
KEMARIN (16 agustus 2011) owlie super senang sekali ! :D 
kenapa ? soalnya owlie hari ini berkesempatan ngisi workshop di
acara offairnya radio swaragama fm !!!!
ini workshop perdananya owlie lhooo :)
(disamping workshop workshop privat kalo ada temen temen yang tiba tiba datang kerumah ..)
dan kalo boleh jujur awalnya aku sangat 
GROGI
tapi karena ternyata orang orang komunitas dari swaragama itu lucu lucu , seru seru , dan friendly friendly jadinya seneng deeeeeeeeh :3
ini benar benar pengalaman yang sangat berharga buat owlie :)
senang :)
di kesempatan workshop ini owlie memberi tau cara bikin kartu ucapan lebaran dengan pop up bunga didalamnya . 
tapi SAYANGNYA aku lupa membuat dokumentasi pribadi selama acara -.-  
sedih :'(
sebenrnya walaupun ga lupa mungkin tetep ngga bisa soalnya bram malah pulang ngurusin acara 17an di RW nya dan aku masa foto foto sendiri waktu lagi workshop ? hohohooo
anyway dari pada bersedih sedih ayo simak tutorial katu ucapan ber pop up bunga (greeting card with flower pop up) yang owlie bikin di workshop swaragama .
flower pop up tutorial :D 
siapkan bahan bahan : 
kertas manila
2 lembar keras lipat motif/polos
lem uhu , gunting , double tape ,spidol


pertama tama kita akan membuat 7 buah bunga dar kertas lipat ini :)



 ambil dua lembar kertas lipat , bagi masing masing menjadi 4 bagian . ambil 7 bagian saja


 lalu lipat kertas lipat mengikuti step step berikut ini :







 yang perlu diperhaikan adalah : poros lipatan kita harus selalu sama karena kalau kita merubah poros lipatan , bunganya akan membelah jadi 4 .


setelah selesai melipat , potong kertas mengikuti garis :




buka lipatan , dan TARAAAA ! jadilah bunga seperti ini :)



bila anda membuat bunga dengan kertas polos , beri aksen benang sari menggunakan spidol 



 lakukan ha yang sama pada kertas lainya sampa anda mendapatkan 7 buah bunga



selanjutnya , buang satu kelopak bunga (dalam ilustrasi ini ,gunting dan buanglah kelopak nomer 8)



lalu satukanlah kelopak nomor 1 dan 7 menggunakan double tape .



yang perlu diperhatikan : sambungan harus tepat menyatu sehingga sekarang total kelopak bunga adalah 6 

 

lakukan pada ketujuh bunga :)



lipat semua bunga hingga menjadi seperti ini :



nah sekarang ikuti dengan seksama cara menempel bunga bunga ya :D


pertama , beri double tape seperti gambar pada bunga pertama .
yang perlu diperhatikan adalah : beri double tape hanya pada ujung ujung kelopak saja



lalu tempeklan bunga ke dua dan ke tiga seperti gambar , dan beri lagi double tape di ketiga ujung kelopak bunga ( atas kiri , atas tengah , dan atas kanan )



setelah itu tempelkan bunga ke 4 sesuai gambar , jangan lupa beri lagi selotip



lalu tampelkan bunga ke lima dan enam sesuai gambar dan beri lagi double tape di ketiga ujung kelopak bunga ( atas kiri , atas tengah , dan atas kanan )


terakhir tempelkan bunga ke tujuh



ambil kertas manila ,posisikan tumpukan bunga seperti gambar .tempelkan bunga ke kertas manila dengan cara memberi double tape di tempat sesuai gambar (hanya di kelopak paling tengah saja) . beri juga di kelopak paling tengah bagian sebaliknya . lipat manila seperti menutup buku :)




setelah dibuka : TARAAAAAAAAAAAAA :D jadideh seperti ini





 nah , mau buat apa ya pop up nya ?
macem macem !salah satunya (mumpung deket lebaran) bisa untuk menghias kartu ucapan lebaran :)

caranya , tinggal siapin :
kain karton
ukuran 18 x 12 cm dua lembar (bila kartonya tebal ) atau
ukuran 18x24 (bila kartonnya tipis)
kain katun ukuran 22 x 28 cm , dan
kertas lipat (polos ataupun motif )

***jika anda memakai karton tebal , anda harus memberi jarak sekita 0,5 cm diantara kedua karton saat melapisinya dengan kain agar mudah dilipat

caranya :
-lapisi bagian depan karton dengan kain katun .
-lipat sisa kain ke dalam seperti menyapul buku . 
-nah bagian dalam yang nggak ketutup kain , ditutup pakai krtas lipat . setelah itu , tempelakn pop up didalamnya :)

hasilnya kayak gini :D


haha maaf aku waktu itu lupa 14 {berapa} H hohohohoo


 
kalo udah , tinggal diiket pakai pita untuk memperindah :)


nah , cukup sekian postingan yang begitu panjang ini , hehehe :)
special thanks to : mb putri ojanto yang udah merekomendasikan ku ke swaragama,, i love u mbak putri :*
dan swaragama fm (101.7 fm) yang udah mengundangku ke acara nya :) dan juga semua anggota club nya swaragama yang tadi hadir :)

anyway, i wish i could have some photograph of that event -.- aku akan HUNTING !

semoga tutorial ini bisa jadi inspirasi buat kartu lebaran , kartu valentine ,atau apa aja ya :)


natura-owlie
cheers ! 
 kunjungi juga : fanpage | facebook | blog | ph :+6285643584372

12 komentar:

  1. cantik, klw karton tebal cr nya dmana ya

    BalasHapus
  2. ada di toko kertas mba honey
    biasanya lebih murah daripada beli di gramed*a

    maap sista natura, jadi aku yg jawab niyh

    salam kenal yaa

    BalasHapus
  3. wah, ide bagus utk lebaran! :D

    BalasHapus
  4. iya mb honey ,bnr kata mb aY :) hihi gapapa mb aY . :) salam kenal :D ↲thanks mb rika.selamat mencobaa :*

    BalasHapus
  5. NICE!! Thank you for tutorialnya nat :)

    BalasHapus
  6. wah bagus pop up cardnya.. di blogku tutorialnya cuman sampe ngegunting kertasnya aja :p thx 4 d tutorial nat :)

    BalasHapus
  7. @Edhini Senastri
    sama sama mb edhini :D
    @novyalfee
    sama sama mb novy :) hehe yaudh anggep aja ini nerusin punya mb novy :p
    @dini kurnianing
    makasih mb dini :*

    BalasHapus
  8. thanks ka udh share tutorialnya :D niceee

    BalasHapus
  9. mba itu kertas motif belinya dimana ya?

    BalasHapus
  10. Super 3D looking card. Love that tree stamp, so delicate looking.. You can see more about Creative Pop Up Cards. My friends introduce this supplier to me. They great. . They are the biggest wholesale pop up cards in Viet Nam.

    BalasHapus